Sunday, February 17, 2013

Laman resmi web FISIP universitas diponegoro kena Hack

BeritaKampus(17/2) Laman resmi web fakultas ilmu sosial universitas diponegorohttp://fisip.undip.ac.id/  dihacker oleh pihak yang mengatas namakan dirinya hacked by Bogel. saat admin mencoba membuka pukul 22.27 laman tersebut langsung menemukan laman dengan latar hitam yang bertuliskan hacked by bogel. http://sphotos-c.ak.fbcdn.net/hphotos-ak-prn1/537074_484080354989502_1489414805_n.jpg
hal ini juga dikuatkan oleh seorang mahasiswa yang mengungkapn 'awalnya saya mau mendownload aplikasi untuk enrty KRS eh malah muncul tempilan hitam dengan tulisan itu, sampai saat ini kami masih mencoba mengkonfirmasi terkait hal tersebut, kita tunggu jawaban dari pihak Pengajaran FISIP atau I.T FISIP.
lengahya pengamanan terhadap web tersebut menjadi salah satu faktor. Beberapa hal kenapa web kita dapat diserang :

  1. Scripting : Kesalahan dalam scripting pembuatan web adalah hal terbanyak yang dimanfaatkan oleh paraattacker,
    sehingga rata-rata web yang berhasil diserang melalui lubang ini.
    Kelemahan-kelemahan scripting yang ditemukan pada proses vulnerabilities
    scanning misalnya, XSS, SQL Injection, PHP Injection, HTML Injection,
    dan lain sebagainya.

  2. Lubang pada Situs Tetangga : Jika web tetangga yang satu server hosting dengan web milik kita tersebut memiliki celah fatal, sehingga attacker bisa menanam program yang dijadikan backdoor. Dengan backdoor inilah attackerbisa masuk ke dalam web kita bahkan web lainnya. Bukan itu saja, tidak mustahil attacker melakukkan defacing massal, termasuk web kita tentunya.

  3. Tempat Hosting yang Bermasalah: Jika perusahaan hosting
    dimana web kita simpan tidak pernah di administrasi dengan baik, jarang
    diupdate, dan jarang dipatch, sehingga mudah terkena serangan. Dengan
    model pengelolaan yang seperti ini jangan berharap web kita akan aman.
    Karena itu, pastikan tempat hosting yang digunakan benar-benar
    memperhatikan tingkat keamanan bagi pelanggannya. http://www.jusmardiworld.web.id/article-28-beberapa-penyebab-website-kena-hack.html. walaupun laman web tersebut kena hack, aplikasi siska yang diperuntunkan untuk menginput satuan Kredit semester tetap bisa dibuka, tetapi belum bisa  diketahui pasti terkait kemanan data-data didalamnnya. semoga saja laman web tersebut segera bisa normal lagi dan tidak mengganggu jalannya proses yudisium mahasiswa FISIP Undip. (Ar)

1 comments:

  1. Wah, ternyata ada tiga kemungkinan. Saya baru tahu. Nah, sering juga kok, web itu tidak sampai dihack, tapi cuma di-deface. At least, semoga web Fisip cepet "sembuh" deh yaaa

    ReplyDelete